10 Manfaat Jamu Bunga Wijaya Kusuma Untuk Kesehatan

Manfaat Jamu Wijaya Kusuma pada dasarnya sudah dikenal luas karena memang sudah umum dijadikan salah satu alternatif untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Hal ini bisa anda ketahui dengan begitu banyaknya masyarakat yang hingga kini mencari dan bahkan membudidayakan guna kebutuhan sehari-hari dalam dunia pengobatan. Dikutip secara ringkas, khasiat jamu wijaya kusuma ini mencakup sebagai obat radang lambung, batuk dan muntah darah, hipertensi, pendarahan pada kaum hawa, serta dikategorikan dalam obat penyembuh tuberkulosis. Dari daftar singkat tersebut, tentunya anda semakin penasaran akan beberapa hal lain yang terkait dengan bunga wijaya kusuma. Maka dari itu, untuk mengetahui selengkapnya, berikut kami sudah menyediakan rangkuman yang siapa tahu bisa membantu semua pertanyaan yang ingin anda ketahui.


Bunga Wijaya Kusuma (Nama Latin : epiphyllum anguliger atau epiphyllum pxypetalum) Merupakan salah satu bunga yang tergolong dalam keluarga kaktus. Habitat hidup bunga ini banyak ditemui dan diduga berasal dari Amerika Serikat. Sedangkan untuk ciri-cirinya, anda bisa melihat daun cocor bebek dan dibudidayakan dengan cara melakukan stek batang. Lebih singkatnya sih anda bisa melihat cuplikan gambar yang sudah kami sediakan dibawah ini!

10 Manfaat Jamu Bunga Wijaya Kusuma Untuk Kesehatan

Yang menjadi pertanyaan disini adalah : Apa saja kandungan kimia alami yang terdapat pada bunga wijaya kusuma? Tentunya pertanyaan ini tidak luput dari pemikiran anda. Sebab tidak lengkap rasanya meski anda mengetahui kumpulan manfaat namun tidak tahu pasti apa yang terkandung pada bunga yang dimaksud. Dan dikutip dari yang kami baca, bunga wijaya kusuma mempunyai senyawa berupa asam sitrat, glukosa, mint dan PH-netral. Dari kandungan ini bunga wijaya kusuma mempunyai rasa manis dan netral.

Memasuki pertanyaan inti : Apa saja khasiat jamu bunga wijaya kusuma? Sebenarnya dengan melihat kandungan diatas anda sudah bisa menebak sendiri tentang beberapa manfaat yang diperoleh dari bunga wijaya kusuma. Namun ada baiknya juga jika anda membaca lebih lanjut supaya pengetahuan anda terkait obat herbal tergolong lengkap dan tidak setengah-setengah. Untuk itu, mari kita simak sama-sama daftar singkat yang sudah kami sediakan berikut ini!

10 Manfaat Jamu Bunga Wijaya Kusuma Untuk Kesehatan

#1. Bersifat Analgesik
Yang dimaksud disini adalah kemampuannya ampuh untuk meredam rasa nyeri dan juga sakit. Salah satu jenis penyakit yang bisa disembuhkan karena adanya sifat analgesik pada bunga wijaya kusuma ini adalah sakit kepala, nyeri sendi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

#2. Bersifat Anti-Inflamasi
Hampir serupa dengan sifat analgesik, anti-inflamasi pada bunga wijaya kusuma ini mempunyai peranan sebagai pereda radang atau pembengkakan pada tubuh. Jadi bisa dibilang herba yang satu ini sebagai anti-radang yang fungsinya terkait dengan segala jenis masalah kesehatan tubuh khususnya pembengkakan.

#3. Mencegah Terjadinya Pembekuan Darah
Pada dasarnya pembekuan darah dibutuhkan untuk menghentikan aliran jika terjadi luka pada bagian kulit. Namun jika tidak pada tempatnya, pembekuan darah yang dimaksud bisa menjadi salah stau gangguan kesehatan. Apabila dibiarkan, tidak menutup kemungkinan akan memunculkan komplikasi yang sangat buruk bagi tubuh.

#4. Melancarkan Sirkulasi Darah
Masih ada hubungannya dengan aliran darah dan terjadinya pembekuan. Bunga wijaya kusuma sangat cocok bagi anda yang menderita hipertensi (tekanan darah tinggi). Sebab dengan tercegahnya pembekuan, maka sirkulasi atau aliran darah dalam tubuh menjadi stabil. Dan dengan begitu akan mendukung pula seluruh kegiatan metabolisme tubuh.

#5. Melancarkan Sistem Pencernaan
Jika saling dikaitkan, sistem pencernaan mencakup kesehatan usus, lambung, dan organ lainnya. Dalam hal ini bisa dikategorikan dalam pencegahan beberapa jenis gangguan kesehatan. Salah satu fungsinya ialah untuk menjaga kesehatan usus, lambung, mencegah sembelit (susah BAB), dan mencegah obesitas (kelebihan berat badan) serta mengeluarkan dan menghindari terjadinya penumpukan racun dalam tubuh.

#6. Menjaga Stamina Tubuh
Tidak sedikit dari orang yang mengeluh bahwa stamina mereka sedang turun. Hal tersebut bisa dikenal dengan kondisi tubuh yang lemah, malas, dan lain sebagainya. Nah, bagi anda yang ingin mengembalikan stamina khususnya bagi yang baru pulih dari sakit. Ada baiknya jika mencoba herba bunga wijaya kusuma sebagai alternatifnya.

#7. Menyembuhkan Berbagai Jenis Penyakit Kulit
Manfaat ini mencakup untuk penyembuhan abses (terjadinya penimbunan nanah pada bagia bawah sel kulit), bisul (khususnya untuk mempercepat penuaan), dan masih banyak lagi yang lainnya. Guna untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa mengkonsumsi dan mengoleskan (menapalkan) sebagai ganti obat salep.


#8.Bersifat Hemostatis
Hemostatis merupakan salah satu sifat farmakologi yang fungsinya untuk menghentikan terjadinya pendarahan khususnya bagi kalangan wanita. Sebab tidak sedikit yang mengeluh terjadi pendarahan pada rahim pasca mereka melahirkan. Dan untuk menghentikan itu, butuh penanganan khusus agar masalah yang anda alami lebih cepat teratasi.

#9. Mengobati Tuberkulosis
Tuberkulosis merupakan salah satu penyakit yang terjadi pada sistem pernafasan. Penyebabnya ialah mikro bakteri yang berkembang biak pada oksigen dan aliran darah. Apabila tuberkulosis ini sudah menginfeksi paru-paru, maka akan lebih mudah penularan serta menjadikan orang lain mengelaminya. Agar penyakit ini tidak berlanjut, konsultasikan ke dokter serta melakukan pengobatan alternatif yang salah satunya dengan mengkonsumsi jamu dari bunga wijaya kusuma.

#10. Mengatasi Batuk Yang Disertai Muntah Darah
Serupa dengan tuberkulosis, batuk juga merupakan gangguan pada sistem pernafasan yang membuat penderitanya sulit untuk beraktifitas secara normal. Jika tergolong pada jenis batuk biasa mungkin tidak masalah. Namun bagaimana jika batuk tersebut bersamaan dengan keluarnya darah? Tentunya hal tersebut akan membuat anda ketakutan serta berpikiran yang negatif. Agar tidak berkepanjangan, ada baiknya jika diperiksakan pada dokter serta memanfaatkan lingkungan sekitar yang kaya akan tanaman obat.

Dengan melihat 10 daftar khasiat bunga wijaya kusuma diatas, tentunya anda juga akan bertanya-tanya mengenai bagaimana cara mengolah bunga ini sebagai obat. Maka dari itu, dibawah ini kami juga sudah merangkum beberapa resep yang siapa tahu bisa membantu bagi anda yang membutuhkan. Yuk langsung saja simak sama-sama!
  • Susah Buang Air Besar (Sembelit) : Siapkan 20gr bunga wijaya kusuma dan 70gr lidah buaya yang sudah dikupas kulitnya. Cuci dan rebus dengan 2gelas air hingga tersisa setengahnya. Tunggu hingga hangat, saring dan bisa langsung diminum. Konsumsi 1x sehari hingga masalah anda benar-benar teratasi.
  • Tuberkulosis, Batuk Darah, Dan Radang : Sediakan 4 kuntum bunga wijaya kusuma, 75gr daging lidah buaya, dan 15gr gula pasir. Didihkan semua bahan beserta 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Dinginkan dan diminum 2x sehari pagi dan sore.
  • Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi) : Sediakan 5 kuntum bunga wijaya kusuma, 75gr akar alang-alang, dan 15gr jamur kuping hitam. Cuci semuanya hingga bersih kemudian direbus dengan 3 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan tersisa setengahnya (1 1/2 gelas). Selanjutnya saring dan minum 3x sehari @1/2 gelas untuk 1x konsumsi.
  • Pendarahan Rahim : Masak 2 hingga 3 bunga wijaya kusuma dengan cara di tim (dikukus) bersama daging tanpa lemak. Selanjutnya tinggal konsumsi sebagai pengganti lauk.
  • Bisul Dan Luka Berdarah : Siapkan batang bunga wijaya kusuma yang masih segar kemudian cuci dan haluskan (bisa ditumbuk atau digiling). Tambah sedikit air (jika terlalu kental) kemudian bubuhkan (tapalkan) pada area atau kulit yang ingin diobati. Balut pula jika diperlukan. Agar hasil lebih maksimal, obat tapal tersebut bisa diganti 3x sehari.
  • Sesak Nafas (Asma) : Sediakan 4 kuntum bunga wijaya kusuma kemudian masak (ditim) bersama gula batu dan sedikit air. Minum atau konsumsi ramuan langsung selagi hangat.

Sebenarnya masih masih banyak resep lain yang ingin kami tulis. Namun untuk saat ini resep diatas kami rasa sudah cukup karena yang lain pun pengolahan serta bahannya hampir serupa. Jadi kami hanya mengambil yang terpenting dan paling umum saja.


Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami tulis. Semoga 10 Manfaat Jamu Bunga Wijaya Kusuma Untuk Kesehatan ini bisa memberikan tambahan ilmu serta mengetahui lebih banyak mengenai jenis tanaman obat yang bisa anda dapt dari lingkungan sekitar. Jangan lupa share juga sama teman-teman yang lain ya...!!! Terima kasih!