18 Manfaat Jamu Inggu Untuk Kesehatan

Manfaat Jamu Inggu sudah dikenal secara turun-temurun dan banyak dikonsumsi sebagai obat herbal. Khasiat jamu inggu tersebut mencakup pencegahan radang, analgesik, membuang racun dalam tubuh serta masih banyak lagi yang lainnya. Nah, sebenarnya informasi mengenai tanaman penghasil getah ini sudah banyak tersebar dan bisa diketahui melalui internet. Namun tidak semua orang sadar bahwa inggu tersebut mempunyai kegunaan yang cukup dahsyat bagi dunia kesehatan maupun kecantikan. Maka dari itu, untuk sekedar menambah wawasan dan pengetahun, ada baiknya jika kami merangkum paragraf singkat terkait dengan fungsi getah inggu bagi tubuh. Jika anda penasaran, mari kita baca sama-sama sampai selesai.


Inggu merupakan sejenis tanaman hias dan menjadi penghasil getah alami yang sering digunakan dalam dunia pengobatan. Tanaman ini diduga berasal dari Afrika dan Eropa, namun untuk saat ini juga sudah sangat mudah ditemukan di negara kita Indonesia. Nama inggu dikenal juga dengan sebutan latin Ruta Angustifolia dan mempunyai habitat hidup di alam liar yang mempunyai asupan sinar matahari secara langsung. Salah satu contoh ialah pada ladang, sawah, pekarangan dan lain sebagainya. Tapi dengan berkembangnya jaman dan semakin banyaknya media untuk mencari informasi, ada pula kalangan masyarakat yang membudidayakan inggu untuk apotik hidup sehingga tidak bingung untuk digunakan ketika mereka butuh.

18 Manfaat Jamu Inggu Untuk Kesehatan

Nah apa saja kandungan senyawa kimia alami pada getah inggu? Sebenarnya pertanyaan ini sedikit melenceng dari judul artikel diatas. Tapi dengan mengetahui daftar manfaat, pastinya anda juga bertanya-tanya akan beberapa senyawa yang terdapat pada getah inggu. Sebab sangat heran dan tidak afdol rasanya jika anda tidak mengetahui secara detail akan segala hal yang terkait dengan tanaman obat tersebut.

Dikutip dari kesehatandia.blogspot.com, tanaman inggu khususnnya yang sering dijadikan obat mempunyai kandungan senyawa berupa : Katone, metil-noniketone, asam modic, rutin, xanthotoxin, kokusaginin, 1-limonena, cineol, quersetin, flaveol, bergapten, edulinine, skimmianine, graveolinine, tannin, dan pinena. Dari kandungan tersebutlah diperoleh jutaan khasiat yang kesemuanya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Agar artikel ini lebih lengkap, berikut daftar singkat mengenai apa saja khasiat inggu bagi kesehatan tubuh.

18 Manfaat Jamu Inggu Untuk Kesehatan

#1. Baik Untuk Analgesik
Analgesik disini mempunyai fungsi untuk meredam rasa sakit atau menghilangkan nyeri pada anggota tubuh. Tidak terkecuali seperti pusing atau dampak buruk yang ditimbulkan oleh penyakit pada tubuh.

#2. Obat Herbal Anti Cacing
Inggu mempunyai sifat anti-cacing yang sangat cocok untuk mengeluarkan cacing dalam tubuh. Dalah hal ini semua kalangan terkait karena tidak kalangan remaja atau dewasa saja, melainkan juga anak-anak bisa mengkonsumsinya untuk mengobati cacingan.

#3. Menurunkan Demam
Herba ini juga mempunyai sifat anti-piretik yang ampuh untuk menurunkan panas tubuh yang tinggi. Jika anda terkena demam, maka inggu bisa menjadi alternatif untuk mengembalikan suhu tubuh pada titik normal.

#4. Bersifat Anti-racun
Sifat ini sangat baik untuk mendetoksinasi tubuh supaya terbebas dari racun. Anti-racun pada inggu bisa menetralkan dan mengeluarkan racun yang disebabkan oleh berbagai faktor. Entah itu karena makanan dan minuman. Atau bisa juga karena penggunaan obat-obatan kimia.

#5. Mempunyai Sifat Anti-piretik
Kemampuan anti-piretik pada inggu sangat cocok untuk menjaga kesehatan ginjal. Manfaat utama ialah untuk melancarkan saluran kemih namun ada hubungannya juga dengan pencegahan batu ginjal (kencing batu).

#6. Mempercepat Penyembuhan Luka
Jika anda mempunyai luka yang diakibatkan oleh gigitan hewan seperti ular dan sengatan kalajengking, mungkin penggunaan inggu akan sangat membantu supaya luka tersebut lebih cepat sembuh. Penerapan sangat sederhana dan tidak butuh lama untuk membuat ramuannya.


#7. Mengurangi Sakit Kepala
Manfaat ini didukung dengan adanya analgesik pada inggu. Sebab analgesik tersebut bisa meredam nyeri atau sakit kepala serta beberapa gejala lain seperti pusing atau migrain. Keunggulan lain yaitu inggu ini bisa menyembuhkan sakit kepala secara instan.

#8. Mengatasi Kejang Pada Anak
Kejang ini biasanya akan muncul ketika demam tinggi pada anak. Dan hal tersebut memang sudah menjadi gejala umum serta butuh penanganan serius agar masalah ini terselesaikan. Untuk mengurangi dampak kejang yang terjadi tersebut, anda bisa memaksimalkan manfaat dari inggu supaya keadaan anak anda kembali stabil.

#9. Melancarkan Haid Yang Tidak Teratur
Ada beberapa kalangan ladies yang mengeluh akan tidak lancarnya siklus haid. Masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa pemicu yang diantaranya ialah obesitas, genetik, dan lain sebagainya. Jadi agar menstruasi anda kembali normal, maka tidak ada salahnya jika mencoba jamu inggu agar datang bulan anda kembali lancar.

#10. Mengatasi Kolik Dan Radang Vena
Penyakit ini masih ada kaitannya dengan sistem sirkulasi darah dalam tubuh. Jika terjadi radang pada sistem vena, maka peredaran darah dalam tubuh juga akan terganggu. Dalam hal ini anda harus segera berkonsultasi dengan dokter atau mengkonsumsi jamu alternatif seperti jamu inggu.

#11. Menyehatkan Organ Hati
Peranan organ ini ialah untuk menetralkan racun dalam tubuh. Jika terjadi gangguan pada hati, maka bisa jadi anda akan mengalami yang namanya penyakit kuning atau yang juga dikenal dengan hepatitis. Dikarenakan jamu inggu juga sangat baik dalam menetralkan dan mengeluarkan racun dalam tubuh, maka sedikit banyak akan sangat membantu bagi kinerja hati.

#12. Mengobati Sakit Gigi
Seperti yang sudah kami tulis diatas, jamu inggu bersifat analgesik yang bisa meredam rasa sakit pada tubuh. Tidak terkecuali juga pada gigi yang sering nyeri atau karena memang sensitif. Untuk mengurangi perasaa nyeri atau sakit tersebut, anda bisa memaksimalkan fungsi dari jamu inggu ini.

#13. Menyembuhkan Penyakit Ayan
Sama halnya dengan kejang, ayan juga sering terjadi pada sebagian orang yang memang mempunyai keadaan tubuh tidak fit. Dengan jamu inggu, ayan bisa diminimalisir atau bahkan sembuh total secara alami.

#14. Meringankan Gejala Batuk
Kenapa jamu inggu sangat baik untuk batuk? Sebab fungsi jamu ini bisa mengencerkan dan mengeluarkan dahak pada saat anda batuk. Jadi secara tidak langsung akan mampu meringankan atau bahkan menyembuhkan batuk anda secara total.

#15. Bersifat Anti-inflamasi
Sifat ini sangat erat hubungannya dengan berbagai jenis penyakit dalam tubuh. Beberapa diantaranya radang paru, radang hati, dan lain sebagainya yang terkait dengan peradangan. Tidak terkecuali juga untuk mengempiskan memar pada kulit yang disebabkan oleh benturan atau terjatuh.

#16. Menyembuhkan Bisul
Bisul merupakan bentuk peradangan atau bengkak yang terjadi pada kulit. Dan bengkak tersebut akan lebih cepat mengempis serta menyembuhkan lebih cepat dibanding tanpa perawatan. Dengan begitu bisul akan lebih cepat menua, pecah dan cepat sembuh.

#17. Meringankan Sakit Tenggorokan
Tenggorokan merupakan salah satu organ yang sangat penting bagi tubuh. Fungsinya ialah untuk tepatnya lewatnya makanan, minuman, bernafas dan lain sebagainya. Bagaimana jika tenggorokan sakit dan meradang? Tentunya anda harus mencoba ramuan dari jamu inggu agar masalah anda teratasi.

#18. Menyembuhkan Radang Dan Eksim Kulit
Jamu inggu sangat baik untuk menyembuhkan penyakit kulit. Tidak terkecuali juga radang, bengkak, bisul atau kulit yang bernanah. Jamu inggu akan mempercepat penyembuhan, pemulihan dan mengering dengan sempurna.

Bagaimana Cara Menggunakan Jamu Inggu Sebagai Obat? Sebenarnya anda tidak perlu bingung untuk memperoleh resep yang sangat manjur sebagai alternatif pengolahan inggu sebagai obat. Sebab pada salah satu blog kesehatan yang kami kutip, disana ada begitu banyak resep-resep sederhana yang bisa anda terapkan. Jika anda penasaran silahkan kunjungi : Resep Cara Membuat Jamu Inggu


Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum mengenai 18 Manfaat Jamu Inggu Untuk Kesehatan. Semoga apa yang kami bagi ini bisa menambah wawasan dan bisa menjadi referensi kesehatan yang memang benar-benar dibutuhkan. Sampai jumpa lagi ya..!!!