17 Manfaat Jamu Daun Mimba Untuk Kesehatan

Manfaat Jamu Daun Mimba sebenarnya tidak asing jika anda termasuk masyarakat desa. Sebab penggunaan daun mimba sudah secara turun temurun dan berkhasiat untuk menambah selera makan, menurunkan kadar gula darah, bersifat anti-kanker, serta masih banyak lagi yang lainnya. Nah, bagi anda yang penasaran dengan aturan pakai dan tata cara pembuatan, berikut kami akan memberikan sedikit rangkuman yang siapa tahu bisa menjawab semua pertanyaan yang ingin anda ketahui. Simak sampai selesai ya!


Daun mimba merupakan salah satu jenis tanaman Tropis yang diduga berasal dari India. Namun karena penyebarannya cukup luas, maka di Indonesia pun daun ini bisa diperoleh dengan mudah dan bisa dimanfaatkan sebagai ramuan herbal yang kaya akan manfaat. Umumnya jamu yang dibuat dari daun mimba masih di jual oleh ibu-ibu di pedesaan guna mengobati berbagai jenis penyakit seperti gatal kulit, diabetes, demam dan melancarkan sirkulasi darah.

17 Manfaat Jamu Daun Mimba Untuk Kesehatan

Adapun manfaat jamu daun mimba didukung oleh kandungan senyawa kimia didalamya. Kandungan tersebut berupa β-sitosterol,Hyperoside, Nimbolide, Quercetin, Quercitrin, Rutin, Azadirachtin, dan Nimbine yang menjadikan daun mimba mempunyai jutaan manfaat khususnya bagi kesehatan tubuh. Apa saja khasiat daun mimba bagi kesehatan? Berikut rincian selengkapnya!

17 Manfaat Jamu Daun Mimba Untuk Kesehatan

#1. Bersifat Sebagai Anti-Kanker
Senyawa alami pada daun mimba sangat cocok untuk mencegah pertumbuhan sel tumor dan kanker dalam tubuh. Dalam hal ini tubuh anda akan lebih sehat dan terhindar dari sel-sel yang merugikan. Beberapa jenis kanker yang umum terjadinya ialah kanker otak, paru-paru, kanker payud*r4, dan lain sebagainya.

#2. Diperkaya Dengan Antioksidan
Antioksidan merupakan salah satu zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Fungsi antioksidan ini ialah untuk menjaga sistem kekebalan sehingga imun tubuh lebih kuat terhadap serangan penyakit. Bisa diambil kesimpulan bahwa antioksidan akan menjadikan anda lebih sehat dan tidak mudah sakit.

#3. Mengontrol Kadar Gula Darah
Gula darh tinggi atau yang juga dikenal dengan diabetes merupakan salah satu penyakit yang umum terjadi pada kalangan orang yang sudah lanjut usia. Namun tidak demikian dengan waktu sekarang yang sudah serba instan ini. Diabetes bisa menyerang siapa saja, entah itu kalangan muda maupun yang sudah tua.

#4. Mempunyai Sifat Anti-Inflamasi
Sifat ini berperan penting dalam mencegah adanya peradangan atau bengkak dalam tubuh. Beberapa diantaranya ialah radang lambung, tenggorokan, sistem pencernaan, dan menutup kemungkinan akan mengurangi pembengkakan pada wajah yang disebabkan oleh jerawat.

#5. Mengobati Penyakit Kulit
Daun mimba sangat cocok untuk menjaga kesehatan kulit khususnya untuk mencegah beberapa penyakit yang mungkin saja muncul. Penyakit kulit yang umum terjadi ialah gatal-gatal, kudis, kurap, dan yang disebabkan oleh jamur seperti panu.

#6. Menambah Selera Makan
Bagi anda yang mempunyai masalah dengan hilangnya selera makan, mungkin jamu mimba bisa menjadi salah satu ramuan yang bisa anda konsumsi. Daun mimba mampu mengembalikan selera makan khususnya bagi tubuh anda yang masih dalam masa pemulihan pasca sakit.


#7. Mempunyai Sifat Anti-Bakteri
Selain sifat-sifat yang sudah kami sebutkan diatas, daun mimba juga mempunyai sifat anti-bakteri yang perananannya cukup membantu dalam membunuh dan menekan pertumbuhan bakteri pada tubuh. Khususnya bagi bakteri yang merugikan kesehatan.

#8. Obat Herbal Untuk Cacingan
Bagi kalangan anak-anak sangat rentan sekali untuk terserang penyakit cacing. Khususnya bagi mereka yang masih dalam masa pertumbuhan sehingga masa-masa emas mereka terganggu. Mungkin sangat sulit untuk mereka untuk mengkonsumsi jamu ini. Namun jika dilihat dari segi khasiat, tentunya anda akan memaksa supaya anak anda terhindar dari cacingan.

#9. Menormalkan Suhu Tubuh
Manfaat ini lebih tepatnya ialah sebagai anti-piretik dimana fungsinya sangat baik untuk menurunkan demam. Hal ini didukung dengan adanya antioksidan dan senyawa lain pada daun mimba sehingga suhu tubuh anda kembali normal dan stabil.

#10. Mengatasi Penyakit Malaria
Tidak hanya untuk menyembuhkan namun daun mimba juga sangat cocok untuk pencegahan penyakit malaria. Penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamunk ini terbilang berbahaya dan untuk mengatasinya cukuplah sederhana. Hanya dengan daun mimba tubuh anda akan terbebas dari malaria.

#11. Mencegah Terjadinya Infeksi
Daun mimba juga sagat berguna untuk mencegah terjadinya pada infeksi pada bagian luar tubuh seperti luka dan bagian dalam yang disebabkan oleh kuman atau bakteri merugikan. Pencegahan infeksi sangat perlu anda lakukan supaya penyakit anda tidak semakin parah.

#12. Melancarkan Sirkulasi Darah
Daun mimba bisa digunakan untuk mencegah hipertensi (tekanan darah tinggi) karena mampu mencegah terjadinya penggumpalan darah. Dengan begitu aliran darah dalam tubuh akan lebih normal dan asupan oksigen pada seluruh tubuh lebih optimal.

#13. Menyehatkan Sistem Pencernaan
Dalam hal ini daun mimba bisa mengobati diare, memaksimalkan penyerapan sari makanan, dan juga mencegah disentri dan juga wasir. Intinya ramuan dari daun mimba akan menjadikan sistem pencernaan anda lebih sehat secara alami dan aman.

#14. Menjaga Kesehatan Lambung
Masih tergolong dalam sistem pencernaan, lambung merupakan salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh. Dan dalam hal ini daun mimba akan mencegah perut begah, kembung, dan membuang kelebihan angin pada lambung.

#15. Menyembuhkan Luka
Meski tidak begitu signifikan, namun daun mimba sangat cocok untuk mencegah infeksi dan mempercepat proses pengeringan luka pada kulit. Entah itu luka lecet karena terjatuh ataupun luka gores yang diakibatkan oleh benda tajam.

#16. Mengatasi Eksim Pada Kulit
Eksim bisa muncul karena adanya alergi dan lain sebagainya yang ditandai dengan bintik dan warna kemerahan pada kulit. Hal ini bisa terjadi pada siapa saja dan bisa diatasi secara mudah dengan hanya memanfaatkan daun mimba.

#17. Mencegah Penyakit Kardiovaskular
Penyakit ini merupakan gangguan yang terkait dengan organ jantung dan saluran darah dalam tubuh. Terkait pula dengan hipertensi, stroke, penyakit jantung, rematik, dan lain sebagainya. Untuk mencegah masalah-masalah tersebut, anda perlu menjaga kesehatan dan memanfaatkan daun mimba sebagai jamu alternatif yang kaya akan khasiat.


Demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami rangkum mengenai 17 Manfaat Jamu Daun Mimba Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya! Terima kasih!