18 Manfaat Jamu Coro Untuk Kesehatan

Manfaat Jamu Coro sudah sangat dikenal pada kalangan masyarakat Jawa Tengah khususnya Kabupaten Pati. Sebab ramuan ini sudah menjadi ciri khas yang menjadikan daerah yang kami maksud mempunyai minuman yang dikangeni ketika berkunjung kesana. Nah, yang membuat kami tertarik untuk menulis mengenai jamu ini ialah karena selalu ada yang bertanya pada kami tentang bagaimana cara membuat jamu coro, khasiat jamu coro dan apa saja bahan yang dibutuhkan untuk pembuatannya. Jadi dengan begitu kami mencoba untuk mencari informasi dan kemudian merangkumnya kembali sehingga bisa kami tuangkan pada artikel yang kami tulis ini. Untuk lebih singkatnya, yuk lanjut saja membaca sampai selesai.


Jamu Coro adalah minuman khas yang juga dikenal dengan sebutan wedang coro pada wilayah asalnya. Jika dilansir dari Wikipedia, minuman sehat ini berasal dari Kabupaten Pati Jawa Tengah. Memang jika dibaca sekilas jamu ini hampir mirip dengan jamu yang berasal dari Jepara (adon-adon coro), namun jika ditelisik lebih lanjut bahkan tidak ada sama sekali kesamaan didalamnya. Entah itu dari segi bahan (komposisi), rasa dan cara pembuatannya pun beda jauh.

18 Manfaat Jamu Coro Untuk Kesehatan
Secara etimologi, jamu coro (wedang coro) bisa diterjemahkan dengan bahasa Indonesia. Yang artinya : Wedang (minuman yang diseduh), dan Coro (cara pembuatan). Jika digabung akan terbentuk nama yang istilahnya aslinya ialah jenis minuman yang melalui beberapa cara atau tahap pembuatan. Jadi meski sedikit rumit, namun ramuan ini bisa membuat tubuh anda sehat dan bugar secara alami. Kenapa demikian? Karena hal ini bisa anda lihat sendiri dengan beberapa komposisi didalamya yang memuat jenis rimpang seperti kunyit, jahe, kayu secang, dan beberapa butir cengkeh. Untuk menyingkat waktu, berikut beberapa khasiat jamu coro yang bisa didapat untuk tubuh.

18 Manfaat Jamu Coro Untuk Kesehatan

#1. Mengembalikan Stamina Tubuh
Bagi anda yang mempunyai aktifitas padat di siang hari dan tubuh terasa capek serta merasa kehabisan tenaga. Maka sudah sangat cocok jika anda mencoba konsumsi jamu coro ini. Sebab dengan meminum jenis minuman sehat ini, maka stamina akan pulih dan mungkin perasaan penat akan sirna dengan cepat. Oleh karena itu anda akan kembali semangat kerja keesokan harinya.

#2. Menurunkan Kolesterol Jahat Dalam Darah
Sama halnya dengan stamina diatas, kolesterol jahat dalam tubuh akan lebih terkontrol dengan adanya jahe didalam minuman sehat ini. Selain menyehatkan secara tenaga, namun jika dikonsumsi secara tepat maka jamu coro juga cocok untuk sistem peredaran darah.

#3. Mengobati Masuk Angin
Jahe juga sangat berkhasiat untuk mengatasi meriang serta beberapa gejala lain terkait dengan masuk angin. Masalah lain yang juga bisa diatasi dengan wedang coro ialah sakit tenggorokan, sesak nafas, mengatasi kembung, dan lain sebagainya. Jika tubuh anda menggigil atau meriang serta merasa kedinginan. Cobalah konsumsi jamu coro maka semua masalah anda tertangani.

#4. Meringankan Gejala Pusing
Bagi anda yang merasa eneg atau sedang pusing, maka alternatif yang bisa anda coba ialah ramuan dari wedang coro ini. Sebab khasiat minuman ini sangat baik dalam mengurangi pusing (sakit kepala) dan juga beberapa gejala yang terkait. Seperti kepala mau pecah, sempoyongan, dan lain sebagainya.

#5. Mengobati Batuk Dan Sakit Tenggorokan
Manfaat ini karena jamu coro mempunyai sifat hangat yang cukup ampuh dalam meredakan batuk jika dikonsumsi dalam porsi wajar. Komposisi berupa serei dan juga jahe bisa meredakan batuk kering ataupun berdahak secara alami, aman dan tanpa efek samping. Anda menderita batuk? Mungkin cara enak yang bisa anda gunakan ialah membuat dan mengkonsumsi wedang coro dirumah.

#6. Mengatasi Anemia
Masalah lain yang bisa diatasi dengan wedang coro ialah gejala anemia (kurang darah). Hal ini didukung dengan adanya serai yang fungsinya cukup baik untuk mengatasi gejala yang disebabkan oleh kekurangan darah. Salah satunya ialah pusing, lemah, mudah capek, dan melancarkan sirkulasi darah (bisa dikategorikan untuk mencegah hipertensi).

(Lihat Juga : 12 Manfaat Jamu Akar Pinang Untuk Kesehatan)

#7. Baik Untuk Diet
Anda mempunyai usaha untuk menurunkan berat badan? Jamu coro salah satu solusi yang bisa membantu anda untuk meraih tubuh lebih langsing dan terlihat lebih atletis. Manfaat jamu coro cukup baik dalam melancarkan sistem pencernaan, mencegah penumpukan racun dalam tubuh (mencegah obesitas), dan juga mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh. Jika anda bertujuan untuk menu diet, maka anda bisa mengurangi takaran komposisi gula waktu pembuatan.

#8. Mengatasi Insomnia
Anda mempunyai masalah dengan kesulitan tidur? Mungkin jamu coro bisa membantu anda agar menghilangkan kebiasaan buruk tersebut. Penyakit susah tidur umum terjadi bagi anda yang suka menunda dan begadang tiap malam. Nah, karena kebiasaan tersebutlah pada akhirnya anda akan merasa kesulitan untuk hidup lebih normal dan tidur pada waktu yang tepat. Jadi konsumsi wedang coro, maka kemungkinan besar insomnia anda bisa teratasi.

#9. Membersihkan Wajah Dari Jerawat
Tidak hanya baik untuk dunia kesehatan saja, melainkan wedang coro juga sangat cocok untuk membersihkan wajah anda dari masalah jerawat. Terdapat kandungan jahe dan juga serai yang khasiatnya cukup baik dalam mengobati radang (pembengkakan) yang salah satunya bengkak jerawat pada wajah. Berminat untuk mencoba? Siap-siap untuk mendapat wajah lebih cantik, bersih, dan berseri secara alami.

#10. Mengurangi Bau Badan Tidak Sedap
Bagi anda yang mempunyai keluhan mengenai bau badan yang tidak sedap, jamu coro bisa dijadikan alternatif untuk menghilang bau tidak enak tersebut. Bau ini bisa jadi karena keringat berlebih pada tubuh sehingga membantu pertumbuhan bakteri penyebab bau keringat berkembang lebih cepat. Agar tubuh wangi dari dalam, ramuan wedang coro ini bisa alternatifnya.

Tidak hanya pada 10 manfaat wedang coro diatas, namun khasiat lain dari ramuan ini juga cocok untuk mencegah infeksi kulit, mengurangi nyeri saat menstruasi, menjaga sistem syaraf, menetralkan racun dalam tubuh, anti-septik alami, menurunkan kadar gula darah, mencegah kanker, dan juga berperan sebagai antioksidan alami sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat jamu coro? Bagaimana cara membuatnya? Anda tenang saja, karena dibawah ini kami juga sudah menyediakan resep sederhana yang bisa anda gunakan untuk meracik sendiri ramuan menyehatkan ini. Untuk lebih ringkasnya, yuk langsung saja simak rincian berikut :

Bahan Yang Dibutuhkan :
3 biji kunyit (3 ruas sedang), 2 liter air, 300ml santan dari 1/4 butir kelapa, 500gr gula pasir, 2 tangkai serai (dimemarkan), 350gr jahe (dimemarkan), 25gr kayu secang (jika ada), dan 6 butir cengkeh.

Cara Membuat (Proses Pembuatan) :
  1. Campurkan air dan juga gula pada wadah panci yang lumayan besar (dikirakan agar cukup atau muat untuk semua bahan).
  2. Rebus dengan api kecil hingga mendidih dan bisa melarutkan gula.
  3. Tambah kayu secang kemudian diaduk hingga rata.
  4. Susul dengan masukkan jahe, kunyit dan juga cengkeh serta serai yang sudah dimemarkan tadi.
  5. Masak kembali dengan api kecil paling tidak selama 1 jam hingga aroma rempahnya keluar.
  6. Terakhir masukkan santan sambil diaduk dengan keadaan api masih kecil.
  7. Angkat jika sudah mendidih dan ramuan siap dikonsumsi.
  8. Komposisi ini pas untuk dijadikan 10 porsi (intinya bisa dikonsumsi oleh 10 orang).

Bagaimana? Tidak begitu ribet kan? Sangat mudah dan bisa anda lakukan sendiri dirumah. Selain sehat dan juga baik untuk merawat tubuh, wedang coro juga menggunakan bahan alami yang sangat aman meski dikonsumsi dalam jangka panjang. Tapi jangan berlebihan mengkonsumsi gula (seperti pada resep diatas), karena bisa jadi malah sebaliknya akan membuat anda mudah gemuk.


Demikianlah ulasan singkat mengenai 18 Manfaat Jamu Coro Untuk Kesehatan. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa dishare ya..!!! Terima kasih!