Manfaat Jamu Adon-Adon Coro Bagi Kesehatan

Manfaat Jamu Adon-adon Coro mungkin hampir sama persis dengan jamu coro yang sudah kami posting lebih dahulu. Namun kedua jenis olahan bahan herbal ini mempunyai bentuk, cara pembuatan dan rasa yang sangat berbeda. Mungkin dari segi bentuk anda akan sangat sulit untuk membedakan, tapi khasiatnya tidak beda jauh dan sudah terbukti menjadi ramuan tradisional yang ikut andil dalam merawat kesehatan secara maksimal. Nah, bagi anda penasaran seperti apa jamu adon-adon coro, mungkin rangkuman singkat yang kami sediakan ini bisa menjawab semua pertanyaan yang ingin anda ketahui. Yuk simak sama-sama!

(Simak Juga : 40 Manfaat Jamu Dobes Untuk Kesehatan Dan Kecantikan)

Adon-Adon Coro atau yang juga dikenal dengan Jamu Adon-adon coro merupakan salah satu ramuan yang hampir menyerupai bubur sumsum. Hal ini karena teksturnya yang lembut dan lebih kental dibanding dengan jenis minuman jamu lainnya. Jika dibahas secara singkat, jamu ini merupakan minuman tradisional khas dari Kota Jepara dan terbuat dari rempah-rempah pilihan. Minuman sehat ini bisa anda temukan diberbagai warung sederhana di daerah Jepara, salah satunya ialah di sekitar pelataran Shopping Centre Jepara tepatnya di sebelah utara Alun-alun Kota.

Manfaat Jamu Adon-Adon Coro Bagi Kesehatan

Apa saja komposisi yang terdapat pada jamu adon-adon coro? Bahan utama yang disajikan pada jamu herbal ini merupakan Jahe yang akan membuat tubuh anda hangat serta terhindar dari gejala masuk angin. Namun dilansir dari beberapa sumber, jamu ini terbuat dari merica bubuk, daun pandan, cengkeh, santan, lengkuas, kayu manis, gula merah, dan tentunya jahe yang menjadikan minuman ini sangat hangat dan bisa mengatasi berbagai jenis penyakit. Dikarenakan adon-adon coro juga minuman yang digemari R.A Ajeng Kartini, maka hingga sekarang ramuan ini masih eksis dan dijadikan minuman yang bercita rasa khas dari Kota Jepara.

Apa saja manfaat jamu Adon-adon Coro yang bisa didapat untuk tubuh? Nah, jika anda melihat bahan pembuatan. Tentunya anda sudah bisa menebak-nebak sendiri apa saja khasiat yang bisa anda peroleh. Namun agar artikel yang kami tulis lebih lengkap dan oroginal, kami juga akan melampirkan manfaat dari masing-masing bahan sehingga anda bisa menerka dan menilai sendiri apa saja kegunaan yang nantinya bisa anda dapat. Yuk simak lanjutan tulisannya.
  • Jahe : Rimpang ini mempunyai kandungan senyawa alami seperti : Kurkumin, minyak atsiri, zingiberol, dan lain sebagainya. Manfaat yang bisa anda peroleh ialah untuk menghangatkan tubuh, melancarkan sirkulasi darah, melancarkan sistem pencernaan, meringankan batuk, dan sebagai obat diet alami yang sangat aman bagi anda yang ingin kurus. (baca : kandungan dan manfaat jahe)
  • Kayu Manis : Kulit kayu ini mempunyai aroma khas dan memberi kesan hangat pada tubuh jika anda mengkonsumsinya. Fungsi ialah untuk mengontrol gula darah, meningkatkan kinerja otak, mengatasi hipertensi, menjaga kesehatan jantung, antibiotik alami, mengatasi meriang, rematik, dan juga nyeri otot. (selengkapnya : Manfaat Kayu Manis).
  • Merica : Bumbu atau rempah dapur yang satu ini mempunyai kandungan vitamin dan nutrisi yang banyak dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan tersebut berupa serat, karbohidrat, protein, kolin, niacin, vitamin A, B, E, C dan K. Manfaat untuk badan ialah sebagai penurun tekanan darah, kolesterol, antioksidan, mengobati hidung tersumbat, mencegah kanker, melancarkan haid dan masih banyak lagi yang lainnya. (Intip : 18 Manfaat Merica).
  • Cengkeh : Rempah yang satu ini umumnya dijadikan bumbu r0kok, namun sering juga dijadikan alternatif pengobatan herbal yang mempunyai jutaan manfaat. Kandungan didalam cengkeh berupa zat besi, fosfor, vitamin A, kalium, Vitamin C, dan Natrium. Fungsinya ialah sebagai antioksidan (penangkal radikal bebas dan menguatkan sistem imun), mengatasi sakit gigi, mengobati wasir, meringankan flu, mencegah infeksi pernafasan, dll. (lihat : 18 khasiat cengkeh).
Selain itu terdapat pula jenis komposisi seperti daun pandan sebagai penambah aroma, lengkuas untuk menambah rasa pedas, gula merah membuat rasa menjadi lebih legit dan santan kelapa yang membuat adonan menjadi lebih kental serta khas. Namun dibalik itu juga tersimpan khasiat yang mungkin belum anda ketahui. Maka dari itu, guna melihat lengkap apa saja fungsi dari jamu adon-adon coro, berikut kami sudah merangkumnya untuk anda.

(Lihat Juga : 7 Manfaat Jamu Gemuk Sehat Untuk Pria Dan Wanita)

Manfaat Jamu Adon-Adon Coro Bagi Kesehatan

# Menghangatkan Tubuh
Jika anda sedang menggigil (tubuh kedinginan) terkena angin malam, mungkin jamu adon-adon coro bisa menjadi salah satu solusi bagi anda yang ingin menjaga tubuh tetap hangat. Dikarenakan terdapat merica, lengkuas dan juga jahe serta kayu manis, jamu ini sangat cocok bagi anda yang sedang mengalami masuk angin.

# Melancarkan Peredaran Darah
Jamu adon coro bisa mengatasi berbagai permasalahan terkait dengan sistem sirkulasi darah. Baik untuk mengurangi gejala hipertensi (tekanan darah tinggi) karena bisa memperlancar dan menormalkan kembali aliran darah yang terganggu.

# Sebagai Penangkal radikal Bebas
Ramuan ini diperkaya oleh antioksidan yang bisa menguatkan sistem imun dan melawan radikal bebas dalam tubuh. Jadi dengan begitu tubuh anda akan lebih fit serta bisa lebih kebal terhadap serangan penyakit. Salah satunya ialah flu atau lain sebagainya.

# Melancarkan Sistem Pencernaan
Anda mempunyai masalah dengan masalah pencernaan? Tentunya jamu adon coro bisa jadi solusi terbaik yang mungkin bisa anda gunakan. Sebab kemampuan ramuan ini bisa menjaga sistem pencernaan berjalan normal serta mencegah permasalahan terkait konstipasi (sembelit / susah BAB), dan juga mengatasi wasir serta disentri.

# Menjaga Berat Badan Tetap Ideal
Meski terbilang minuman yang sangat sederhana, jamu ini mempunyai peranan penting bagi anda yang takut gemuk. Dengan lancarnya sistem pencernaan, maka penyerapan sari makanan akan lebih stabil. Selain itu anda akan merasa lebih kenyang dan menunda perasaan ingin makan lebih lama dari sebelumnya.

Manfaat lain sudah bisa anda ketahui dengan racikan bahan yang sudah kami maksudkan diatas. Jika dihitung-hitung, khasiat yang anda dapat sangat besar dan terbukti bisa memberikan hasil tanpa harus memikirkan efek samping. Jadi jamu ini aman, nyaman dan bisa menambah menu kuliner harian anda.

Bagaimana resep dan cara membuat jamu adon-adon coro? Nah, untuk saat ini kami masih belum memberikan tutorial secara pasti, namun mungkin anda bisa melihat postingan kami sebelumnya mengenai jamu coro. Sedangkan untuk penyajian, satu sendok jamu ditaruh dalam satu wadah kemudian disiram dengan kuah santan dan wedang jahe. Diminum selagi hangat dan tubuh anda pun akan merasakan sensasi secara spontan.

(Baca Juga : 12 Manfaat Jamu Anak Sehat Sido Muncul)

Demikianlah ulasan mengenai Manfaat Jamu Adon-Adon Coro Bagi Kesehatan. Semoga bisa membantu dan memberikan anda sedikit referensi terkait dengan informasi tentang jamu terkait. Jika ada yang mau ditambahkan, silahkan hubungi kami melalui form kontak yangs sudah kami sediakan dibawah. Sekian dan terima kasih sudah berkunjung!